Minggu, 26 Desember 2010

Slitaz , Kecil-Kecil Cabe Rawit





SliTaz adalah sebuah distro Linux baru yang berukuran kecil, yang khusus di desain untuk berjalan pada RAM (minimum 128 MB) dan dapat di install pada hard drive atau perangkat USB. Untuk versi sekarang yaitu SliTAx 1.0 berukuran hanya 24.8 MB dan dilengkapi dengan beberapa aplikasi pilihan Firefox, AlsaPlayer dan banyak lagi, selain itu SliTaz memiliki lebih dari 400 paket tambahan yang dapat di download.
SliTaz sendiri merupakan singkatan dari “Simple Light Incredible Temporary Autonomous Zone”, huruf T besar mengartikan SliTaz dibangun dengan menggunakan Tazwok tool dan juga beberapa aplikasi lain yang berbasiskan Taz. Berasal dari Switzerland, SliTaz menyediakan dua penggunaan bahasa utama yaitu Inggris dan Perancis. Untuk tampilan desktop sendiri, SliTaz berbasis pada Joe’s Window Manager (JWM), dimana panel menu terletak pada bagian tengah atas layar dengan menu start yang bergambar laba-laba, dan beberapa tampilan icon seperti: file manager, terminal, Web browser, iconification tool, volume control, network status, CPU utilization graph, dan jam.
Berikut aplikasi yang di sertakan dalam SliTaz yaitu: alsamixer, AlsaPlayer, Asunder CD ripper, CLEX dan emelFM2 file manager, ePDFView PDF viewer, Geany dan Leafpad text editor, gFTP file transfer client, GParted GNOME partition editor, GPicView image viewer, Firefox (Bon Echo release 2.0.0.12), ISO Master, mhWaveEdit, mtPaint image editor, Osmo organizer, SliTaz Burnbox CD/DVD writer, SliTaz Installer, SQLite SQL engine, Tazpkg package manager, Transmission BitTorrent client, xterm terminal, Xpad notes dan beberapa game kecil. Selain itu terdapat beberapa paket tambahan yang dapat di pilih seperti Concurrent Versions System (CVS), GNU Compiler Collection (GCC), the GNU Image Manipulation Program (GIMP), GQview image viewer, Inkscape vector editor, Make, Pidgin IM client, Perl, Python, Ruby, Sylpheed email client, xine media player, dan SliTaz utilities.

Dengan sistem yang minimalis dan sederhana, para pengembang SliTaz telah memberikan pandangan bagaimana seharusnya distro Linux yang berukuran kecil dibuat. Bagaimanapun, SliTaz 1.0 telah memberikan kecepatan, kestabilan, respon yang baik, dan juga sebuah distro Linux yang dapat digunakan pada perangkat computer yang sudah tua.


Source: http://www.beritanet.com/Technology/Opensource/SliTaz-Linux-Kecil-Yang-Kuat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar