Selasa, 12 Juli 2011

Cara Mengaktifkan Touchpad yang Tidak Berfungsi di Ubuntu 10.04


  Hallo semua penggguna Linux khususnya Ubuntuers, kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengaktifkan touchpad yang tidak berfungsi pada ubuntu 10.04
 Sebenarnya ini juga sudah ada yang membahas sebelumnya, karena saya mengalaminya, maka saya akan membahasnya berdasarkan pengalaman saya.

  Dulu saat saya belum menggunakan mouse , masih menggunakan touchpad, tetapi karena saya membutuhkan mouse untuk urusan grafis dan lainnya, jadi saya beli saja mouse, tetapi saya tidak tahu kenapa tiba-tiba setelah saya menggunakan mouse dan akan menggunakan toouchpad , touchpad tidak berfungsi sama-sekali, sudah saya restart dan mencoba menonaktifkan tombol touchpad dan mengaktifkannya kembali, namun touchpad tidak juga mau menggerakkan pointer, karena saya menghalami kesulita, saya bertanya pada forum Ubuntu, dan ternyata yang mengalami bukan hanya saya, setelah itu ada yang memberi saya link solusi pemecahannya, saya buka link tersebut dan masuk ke blognya KANG TATANG.
Dari situ saya ikuti berdasarkaan apa yang dituliskan pada artikel tersebut
Ternyata berhasil, jadi begini solusinya bagi anda yang sedang mengalami kesulitan seperti saya dulu, ternyata agar touchpad mau bekerja kembali kita perlu mensuspend ubuntu kita, jika yang tidak memiliki mouse silakan tekan ctrl+alt+del , setelah itu pilih suspend,kaerena kita tidak bisa menggunkan pointer unutk memilih menu suspend, silakan tekan tombol arah bawah 2 kali setelah itu tekan enter, tetapi sebelumnya nonaktifkan dulu touchpadnya, setelah berhasil di suspend,tekan sembarang tombol agar kembaali ke menu login, silakan masuk kembali dalam user anda dan masukkan password anda dan cobalah menggerakan pointernya dengan touchpad anda, semoga berhasil.

Nb: percobaan ini berhasil saya lakukan di laptop saya dengan ubuntu 10.04, jadi jika ada yang mengalami di ubuntu yang lain dan tidak behasil, berarti ada cara lain lagi untuk meneyelesaikannya

Selamat mencoba


Salam Blogger.......

4 komentar: