Minggu, 07 Agustus 2011

Cara Menampilkan Ekstensi File Di Windows 7


       Berikut ini adalah cara untuk menampilkan ekstensi file pada windows 7, ekstensi yaitu format yang ada dalam suatu data, contohnya jika kita mengerjakan tugas dengan MS word, ekstensi file nya pasti menjadi doc/docx, menampilkan ekstensi file itu juga perlu, misalnya untuk latihan HTML atau PHP menggunakan teks dokumen, jika kita sudah menulis scriptnya dan ingin melihat hasilnya, maka ekstensi file yang tadinya .txt
harus dirubah menjadi .html agar terbaca sebagai file html, tetapi tidak semua file bisa langsung dirubah begitu saja, jika kita mencoba mengganti format .avi menjadi .mkv atau mp4, jika hganya merubah ekstensi filenya saja tidak akan pernah bisa karena harus menggunakan aplikasi converter.

       Untuk menampilkannya kembali jika di komputer anda tidak muncul ekstensi filenya lakukan langkah berikut ini:
1.  klik start
2. Buka folder option, ada 2 cara yang paling praktis langsung search di search box tuliskan "folder options" atau ke windows explorer dan pilih menubar tool , di dalam menubar tersebut ada menu folder option, jika menu bar pada folder option di komputer anda belum tersedia atau hide, silakan pilih pada windows explorer menubar Organize, lalu pilih layout dan check atau centang menubar agar tersedia di windows explorer.
3.Setelah masuk kedalam foldeer options, pilih menubar view, disana ada banyak settingan yang tercentang atau yang tidak tercentang, jika anda ingin menampilkan ekstensi file pada komputer anda, hilangkan tanda centang pada tulisan "Hide extensions for know file types" , pilih apply, pilih ok.
        Apakah yang terjadi? sekarang ekstensi file di dalam komputer anda sudah muncul kembali, silakan cek pada desktop taupun dokumen anda, jika anda klik pasti sudah ada ekstensinya contoh "dokumen.doc" , .docitu adalah ekstensi file.

Semoga bermanfaat

Salam Blogger.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar