Minggu, 11 Maret 2012

Bagaimana Cara Memperbaiki GRUB di Ubuntu


Seringkali kita dihadapkan masalah sulit dengan penggunaan ubuntu, tapi kita tidak boleh menyerah dengan masalah yang dihadapai pasti ada solusinya, kalai ini saya ingin memposting bagaimana memperbaiki grub yang error karena terjadi m asalah pada pastisi, karena kemarin teman saya mengalami hal tersebut, jad berikut ini langkah-langkah yang bisa anda coba , jangan pasang muka galau dan putus asa.

Biasanya kalau grub error pada saat booting akan muncul tulisan "unknown filesystem grub  rescue",  berikut ini cara untuk mereparnya, dan berhasil dilakaukan di ubuntu teman saya:

1. Saya anggap anda punya live CD nya, solanya kalau anda menggunakan linux pasti ada os nya, gunakan live CD anda untuk merepair, jadi booting lewat live CD dan buka terminal.

2.ketikan  sudo fdisk -i
3. Ketikan sudo mount /dev/sda6 /mnt ,sda6 itu contoh pastisi linux, jika pasrtisi anda di sda yang berbeda, silakan ganti sesuai partisi linux yang ada di komputer anda.
4. selanjutnya "sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda
5. Jika proses berhasil biasanya akan menunggu sebentar dan jika sudah selelsai akan ada tulisan finish installed, dan silakan restar komputer anda.


Semoga bermanfaat

Salam Blogger.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar