Minggu, 17 Juni 2012

Membuat Halaman Web Menjadi pdf File di Ubuntu

Di dunia maya, kita sering mendapatkan banyak informasi yang sangat bermanfaat, dan bahakn ada juga cerita atau tutorial yang selalu kita cari untuk menuntun kita pada saat belajar, jika dirasa tutorial tersebut penting dan bermaanfaat, kita sering menekan ctrl+d untuk mem bookmark link artikelnya, tapi ada alternatif untuk mengkoleksi artikel di internet tan harus melakukan boookmark, biasanya selain bookmark kita juga akan meng copy paste artikel tersebut, boleh saja di copas tapi hanya untuk pribadi dan tidak untuk di publishkan lagi, namanya anda blogger copas dong jadinya. Hal yang paling menjengkelkan adalah pada waktu kita sedang membaca dan ingin mengcopas tutorial artikel tersebut sebagai tuntunan dalam pembelajaran anda, tapi authornya telah memakai script anti klik kanan atau agar tidak bisa dicopas, padahal kita sangat membutuhkan artikel tersebut, nah lho, pasti anda langsung pindah pencarian ke situs yang bisa anda ambil artikelnya untuk pembelajaran anda kan? tapi jika anda pengguna Open Source Ubuntu, khususnya ubuntu 10.04 Luci Lynx LTS, anda bisa menggunakan jurus jitu membuat file pdf secara cepat, dan caranya adalah sebagai berikut:
Pertama buka halaman web yang ada artikelnya yang ingin anda jadikan file .pdf setelah ketemu dan terbuka, anda tidak perlu menyimpanya karena menurut saya ribet. langsung saja anda tekan ctrl+p dan akan muncul tampilan berikut ini:


Setelah itu anda pilih menu "Print to file", dan pada kolom name anda beri nama bebas, dan pada pilihan save in folder bisa anda tentukan sendiri file output pdf yang sudah anda buat, dan pilih pdf pada pilihan tombol radio button, untuk pilihan halaman, saya sarankan mending pilkih default saja yang "'All Page" , setelah itu pilih menu "print" dan taraaaaaaaaaaa! file pdf sudah jadi. anda bisa membukanya untuk sarana tutorial pembelajaran anda. Tapi jika anda ingin mempublishnya ke blog anda sendiri, paling tidak gunakanlah tulisan anda sendiri sesuai pemahaman atas apa yang anda ketahui berdasarkan pengalaman, 

Tidak jelas? silakan berkomentar dibawah 

Semoga bermanfaat, Salam Blogger.......!

1 komentar: