Jumat, 09 Maret 2012

Bagaimana Cara Mengirim Email?



Mungkin anda akan tertawa saat anda membaca judul yang saya tuliskan diatas, anda tertawa karena anda sudah bisa, tapi bagaimana dengan orang yang lain yang memang masih sangat awam dengan komputer? pasti masih ada, saya jamin, jadi jangan remehkan dulu ya, walaupun gampang tapi kan kalau anda dulu ga pernah praktek, anda juga pasti ga tahu say yakin itu, hayo ngaku!?


ya langsung saja, untuk yang belum tahu bagaimana cara mengirim email begini caranya:

-yang pertama kali anda lakukan, anda harus punya akun emailnya dulu, kalau belum bisa registrasi nanti tak posting sekalian
-kalau sudah punya, anda langsung masuk ke login member anda, biasanya menggunakan alamat email/username anda dan passsword anda pada saat registrasi.
-Sesudah anda masuk dalam akun anda, untuk mengirim email ke seseorang anda harus mencari kata compose mail

Nanti akan muncul tampilan seperti ini:


nah yang perlu anda isi adalah alamat email tujuan dan subjectnya, kalau masalah subject sih bisa terserah anda, tergnatung email apa yang anda kirim,

-Jika akan meyisipkan sebuah file untuk dikirim, contohnya mengirim file *.docx atau *.pdf dan yang lainya, anda cukup klik menu attachmen atau lampiran, nah setelah itu anda browse file yang ingin anda kirim, mungkin jika akun email anda langsung melakukan uploading, brarti anda harus menunggu dulu hingga 100% terupload, kalau di GMAIL biasanya kita browse file langsung di Send dan bersamaan file yang sudah kita lampirkan itu melakukan proses uploading sambil proses mengrim email, bagaiamana jika gagal?
kalau gagal langsung saja diualnag, tapi sebelumnya lihat dulu di sent item, untuk memastikan bahwa email yang anda kirimkan berhasil terkirim atau pending , kalau gagal bisasnya masuk draft.

Ingat, email yang anda tuju harus benar dan tidak salah satu karakterpun, jika salah , maka email anda akan salah kirim :)

saya menulis ini karena dulu waktu saya jadi OP warnet, masih ada yang belum tahu caranya kirimi email, bahkan bingung, sampai-sampai saya diminta tolong untuk mengirimkan , padahal , hal tersebut berbahaya, karena password dan emailnya bisa kita utak-atik sesuka kita , itu kalau jahat, untungnya saya OP baik-baik, so hanyak untuk pembelajaran bagi yang belum bisa.

Ada yang bvelum jelas? Silakan berkomentar dibawah
Semoga bermanfaat

Salam Blogger.......

6 komentar:

  1. u bapak ridho saya masih kurang mengerti mengenai e mail, dsn tolong di jelaskan lebih rinci karena pernah saya kirim email lupa memberi komentar apa duluan komentarnya atau data

    BalasHapus
  2. maksudnya menyisipkan data attachment atau hanya kata?

    BalasHapus
  3. Postingan yang Sangat bagus dan menarik untuk dibaca .... Saya suka mengunjungi blog ini.

    BalasHapus
  4. Postingan yang sangat bermanfaat, menambah pengetahuan saya yang awam..terimakasih atas share infonya gan, salam BERIRAMA..hahahay

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasang buku tamu donk gan,biar gampang ninggalin jejak klu pas mampir lagi...maturnuwun

      Hapus